Rahasia sukses jutawan
Rahasia sukses jutawan (Ilustrasi/pixabay)

10 Rahasia Sukses Jutawan

34 views

Terpikir selintas betapa enaknya menjadi jutawan, bisa pergi kemanapun yang kita inginkan. Bisa membeli barang-barang bermerek yang sedang tren saat ini. Tunggu dulu, Anda hanya memahami jutawan dari sisi yang serba enak. Tidak ada jalan instan untuk meraih itu semua. Dibutuhkan usaha dan kerja keras. Anda pasti terheran-heran dan bertanya, apakah mereka pernah bersusah payah untuk menjadi jutawan. Jawabannya ialah Ya jika bukan mereka, pasti orang tua, ataupun nenek moyang mereka pernah menjadi orang yang bersusah payah untuk meraih kesuksesan tersebut. Para jutawan tersebut harus berusaha untuk menguasai beberapa keterampilan bahkan mungkin dilakukan sejak dini. Kata kunci yang harus dimiliki untuk menjadi orang sukses hanya satu yaitu kemauan untuk terus belajar. Berikut akan dibahas beberapa hal yang harus dikuasai dan dilakukan oleh jutawan.

10 Rahasia Sukses Jutawan

1. Karyawan Penjual yang Baik

Anda pasti pernah mendengar bahwa 99 pintu rejeki datangnya dari berdagang. Ini adalah nyata. Berdagang itu bisa berupa barang berwujud atau jasa. Contoh barang berwujud bisa jadi elektronik, pakaian, barang kebutuhan pokok sehari-hari, dan lain-lain. Sedangkan contoh untuk berdagang jasa ialah jasa les privat, pendidikan, layanan pesan antar barang, dan lain-lain. Semua yang memerlukan kegiatan transaksi bisa dibilang sebagai berdagang. Untuk menjadi seorang pedagang yang baik tentunya diperlukan beberapa tips, seperti diam dan dengarkan keinginan konsumen. Lakukan pelatihan untuk karyawan Anda untuk tidak terbiasa membicarakan mengenai diri sendiri, produk Anda, dan layanan yang Anda berikan. Latih mereka untuk tidak banyak bicara dan dengarkan kemauan konsumen.

Rahasia sukses jutawan
Rahasia sukses jutawan (Ilustrasi/pixabay)

2. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan intelektual memang penting, namun harus diimbangi dengan kecerdasan emosional. Jika Anda pemimpin perusahaan, Anda diharuskan untuk menjadi orang yang dapat mengayomi karyawan Anda. Anda harus tahu cara untuk memotivasi, berempati, diplomasi, bijaksana, dan mengerti mengenai bahasa tubuh. Semua elemen tersebut merupakan bagian dari kecerdasan emosional.

Cara memotivasi karyawan dapat dengan memberikan hadiah bagi yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Dengan berempati Anda jadi dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan karyawan. Diplomasi berguna untuk dapat membuat win-win solution. Pada dasarnya seseorang yang bijak secara tidak langsung akan membuat orang lain di sekitarnya menjadi menghormatinya. Bijaksana juga berkaitan dengan karismatik. Pemimpin harus mengetahui cara membaca gerak gerik tubuh, karena seseorang biasanya sungkan untuk berbicara secara langsung apa yang tidak mereka sukai dari Anda. Mereka enggan untuk memberikan saran kepada Anda, karena Anda merupakan pemimpin mereka. Terkadang mereka takut untuk berurusan dengan Anda. Saat itulah Anda dapat menggunakan ilmu membaca bahasa tubuh mereka untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

3. Branding dan Pemasaran

Branding merupakan reputasi produk yang Anda jual. Branding dapat dijadikan sebagai sarana pertama untuk menjual produk Anda. Lakukan pemasaran terhadap produk yang Anda jual. Perkenalkan kepada konsumen bahwa produk yang dijual berbeda dari produk lain yang beredar di pasar. Branding dan pemasaran merupakan teknik dasar untuk membuat bisnis lebih cepat untuk berkembang. Sadarilah seorang jutawan pasti memiliki pencitraan brand produk yang baik di mata konsumen mereka. Saat konsumen sudah percaya akan suatu brand produk biasanya mereka akan loyal terhadap brand produk tersebut. Susah bagi konsumen untuk berpindah brand saat mereka sudah percaya dengan kualitas dari brand Anda.

4. Manajemen Uang dan Waktu

Jutawan harus memahami prinsip waktu adalah uang. Setiap detik yang ada harus dapat dikonversikan menjadi uang. Mereka tahu cara menghargai uang dan waktu. Mereka mengetahui cara untuk menghargai uang mulai dari nominal yang kecil hingga yang sangat besar sekalipun. Mereka mengetahui dengan persis saldo bank mereka setiap waktu. Mereka mencatat setiap pengeluaran yang ada. Mereka bahkan mengetahui pendapatan dari hasil penjualan mereka setiap waktu. Mereka menyadari bahwa kekayaan akan diperoleh jika mengetahui kondisi keuangan mereka sendiri.

5. Jiwa Kepemimpinan

Setiap jutawan merupakan pemimpin di perusahaan. Mereka bahkan harus belajar mengenai kepemimpinan dari tokoh-tokoh jutawan yang sudah terkenal. Pemimpin harus selalu berusaha untuk mengembangkan diri atau perusahaan yang dipimpinnya akan kalah berkompetisi dengan perusahaan lain sejenis. Mereka juga belajar mengenai tanggung jawab saat terjadi situasi yang sulit. Saat ujian kepada perusahaan datang, mereka dapat menanganinya dan meyakinkan karyawannya bahwa perusahaan tempat mereka bekerja akan baik-baik saja. Tentu hal tersebut sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Pemimpin yang baik juga harus dapat mendidik dan mengembangkan potensi karyawannya. Saat karyawan menjadi terampil, maka perusahaan juga akan berkembang semakin baik.

6. Memiliki Koneksi

Jalin koneksi dengan banyak orang dengan berbagai profesi. Hal tersebut suatu saat pasti akan sangat berguna. Koneksi merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan dalam dunia bisnis. Bangun hubungan yang baik dengan pemasok, sesama pebisnis, dan klien Anda. Hal yang perlu dilakukan untuk membangun relasi yang baik dengan pemasok ialah dengan selalu membayar tepat pada waktunya. Anda bisa melakukan negosiasi pembayaran pada saat barang yang dipasok belum sampai ke perusahaan Anda. Namun saat barang yang dipesan sudah sampai, harus langsung membayar. Jangan pernah bermain-main dengan pemasok. Hal itu dapat menyebabkan kekacauan jika mereka memboikot secara mendadak bahan yang digunakan untuk membuat produk Anda. Menjalin koneksi dengan pebisnis lain akan sangat bermanfaat jika suatu saat Anda memiliki rencana untuk mengembangkan perusahaan ke bidang yang mungkin berbeda. Sedangkan menjalin hubungan dengan klien harus dilakukan dengan cara jujurlah terhadap klien dan bagilah informasi berharga untuk klien Anda.

7. Komunikasi Efisien

Jutawan bisa saja menerima dan membalas ratusan email setiap hari. Setiap email yang dikirim berguna untuk membangun brand produk Anda. Anda perlu untuk belajar bahasa tulis agar penyampaian informasi dalam email dapat dipahami oleh pembaca email. Gunakan bahasa penyampaian yang efektif agar informasi yang disampaikan bersifat efisien.

8. Rancang Masa Depan dan Bertindak

Pemimpin perlu untuk merancang nasib perusahaan sampai 10 tahun ke depan atau mungkin lebih. Rancangan tersebut untuk memperjelas target yang harus dicapai oleh Anda beserta dengan seluruh karyawan Anda. Rancangan masa depan untuk perusahaan penting untuk sebagai dasar pengambilan keputusan atau tindakan.

9. Percaya Diri

Pemimpin harus percaya diri. Anda harus percaya pada diri sendiri baru setelah itu Anda bisa membuat karyawan mempercayai Anda. Pemimpin akan menjadi sukses karena mereka percaya pada diri. Mereka percaya bahwa hambatan dan tantangan yang menimpa perusahaan merupakan kesempatan untuk mencari solusi baru yang kreatif.

10. Ambil Kesempatan

Kesempatan bisa datang setiap saat. Buka mata dan pertajam insting Anda untuk memperoleh kesempatan. Begitu ada kesempatan harus langsung dipergunakan dan jangan pernah dilepaskan. Mungkin saat itulah kesempatan terbesar Anda untuk memajukan perusahaan. Anda juga harus jeli melihat kesempatan yang hasilnya tidak akan langsung ada, tetapi akan pasti datang di masa mendatang.

Demikianlah 10 Rahasia Sukses Jutawan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- makala tentang jutawan - tips rahsia sukses jutawan

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta