Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa
Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa (Ilustrasi/pixabay)

10 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

3,466 views

Berstatus sebagai mahasiswa bukan berarti tidak bisa mencari uang sendiri. Banyak mahasiswa memanfaatkan waktu luang saat tidak ada kuliah untuk mencari uang tambahan. Atau bahkan mencari uang untuk bayar kuliah karena orang tua mereka tidak mampu membiayai. Pagi sampai siang kuliah, sore hingga malam bekerja. Atau sebaliknya. Malam kuliah, siangnya kerja.

Bagi yang sekarang sedang berencana untuk kuliah sambil bekerja, ada beberapa pilihan profesi yang bisa dipilih. Selain waktunya yang fleksible, profesi ini juga tidak banyak membutuhkan tenaga yang lebih. Karena kita harus bisa membagi tenaga dan waktu antara belajar dan bekerja. Berikut adalah alternatif yang bisa dipilih :

10 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa
Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa (Ilustrasi/pixabay)

1. Jualan Kue

Di kampus ada banyak orang yang bisa kita jadikan sasaran marketing kue kita. Seperti teman seangkatan, kakak kelas, adek kelas, dosen, dan beberapa karyawan. Di sela-sela waktu kuliah, kita bisa menjajakan kue pada orang-orang yang ada di kampus, atau bahkan di luar kampus.

Jualan kue merupakan salah satu cara mencari uang tambahan yang cukup mudah. Jika tidak ada waktu untuk membuat kue, atau kita tidak mempunyai kemampuan untuk membuat kue, kita bisa mengambil kue dari suplier untuk kita jual lagi. Selisih pembelian dan penjualan inilah sebagai keuntungan kita. Pertama-tama hasilnya hanya seikit. Namun jika kita tekun, bisa jadi itu akan membuat jalan pembuka bagi bisnis kita setelah lulus kuliah kelak.

2. Memberi Les Privat

Bagi yang mempunyai kemampuan dalam bidang akademik dan sedikit kemampuan mengajar, bekerja paruh waktu menjadi guru privat merupakan pilihan yang tepat. Banyak sekali orang tua siswa yang membutuhkan guru les privat bagi anak-anaknya. Kita bisa membuka iklan dengan memasang selebaran di jalan-jalan lengkap dengan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Agar tidak mengganggu jadwal kuliah, kita bisa memilih waktu dimana tidak ada jadwal kuliah. Memberi les privat, selain mendapatkan uang tambahan, juga bisa membuat kita semakin tambah cerdas.

3. Menjadi Penulis

Jika mempunyai bakat menulis, ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara praktis untuk bisa mendapatkan uang. Seperti menulis untuk dikirim pada surat kabar, majalah, koran, atau bahkan menjadi content writer. Selain nyaris tanpa modal, menjadi penulis juga akan membuat kita lebih banyak mempunyai pengetahuan.
Biasanya, harga tulisan dihitung per artikel atau per tulisan. Jika kita mempunyai banyak waktu, kita bisa mengambil banyak job tulisan yang kita kerjakan.

4. Jualan Pulsa

Ini juga pekerjaan mudah dan tidak mengganggu waktu kuliah. Modalnya hanya perlu satu buah ponsel. Dengan satu ponsel kita bisa melayani pelanggan di manapun dan kapanpun. Keuntungannya memang tidak seberapa. Tapi jika kita menjualnya dalam jumlah yang banyak tentu saja keuntungan yang kita dapatkan juga akan banyak.

5. Membuka Online shop

Seiring dengan perkembangan zaman, online shop merupakan salah satu sarana belanja yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Yaitu pihak penjual dan pembeli. Bagi penjual, online shop memberi ruang gerak penjualan menjadi lebih lebar. Karena barang dagangannya bisa ditawarkan kepada para pengguna internet di seluruh dunia. Sedangkan bagi pembeli, online shop memudahkan memilih barang meski tanpa repot-repot datang langsung ke tokonya.

Bagi mahasiswa, membuka online shop akan memudahkan. Karena kita bekerja tidak harus terbelenggu oleh waktu. Kita bisa mengerjakannya di manapun dan kapanpun asalkan ada jaringan internet. Terbukti banyak mahasiswa yang sukses dengan membuka bisnis online shop ini.

6. Jasa Instal Dan Update Software

Mungkin ini hanya pekerjaan khusus mahasiswa teknik jaringan. Namun, seiring dengan perkembangan dunia IT, kemampuan menginstal dan menupdate software bisa dilakukan siapapun. Bahkan mereka yang bukan dari jurusan IT. Awalnya, mungkin mengoprek komputer merupakan salah satu hobi. Namun jika hobi ini ditekuni, bisa menghasilkan uang. Salah satunya ialah membuka jasa instal dan update software.

7. Membuka Bisnis Foto Copy

Membuka bisnis foto copy ini tentunya membutuhkan modal. Minimal satu unit mesin foto copy. Jika kita mempunyai modal tersebut, tidak masalah jika ingin membuka usaha foto copy. Bagi mahasiswa, foto copy merupakan hal yang penting. Karena ada beberapa tugas kuliah yang membutuhkan foto copy.
Kita bisa membuka kios foto copy ini di dalam kampus atau di luar kampus. Jika di luar, sebaiknya jangan jauh-jauh dari area kampus. Karena selain ditakutkan sepi pelanggan, juga akan mengganggu aktivitas belajar kita.

8. Jasa Sablon Dan Pembuatan Baju

Di kampus, ada salah satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari komunitas kampus. Yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa. Dalam satu kampus biasanya ada lebih dari 10 organisasi UKM yang diberi keleluasaan menjalankan program kerjanya. Dari sekian program kerja tersebut, biasanya mereka membutuhkan jaket atau baju komunitas.
Di sinilah kita akan masuk untuk bisa memulai bisnis. Yaitu menyediakan jasa sablon atau pembuatan baju, kaos, jaket, Pin, dan berbagai keperluan kelompok UKM lainnya. Kita bisa memasang iklan pada setiap ruangan UKM. Menawarkan barang kali ada yang akan membuat baju seragam untuk sebuah aktivitas yang akan mereka lakukan.

9. Menjadi Member MLM

Multi Level Marketing merupakan salah satu bisnis yang banyak dikenal oleh masyarakat. Dan tidak sedikit pula yang sukses dengan menjadi member MLM ini. Kita hanya perlu memasarkan sebuah produk dan menjual sebanyak-banyaknya. Selain itu, kita juga berkewajiban mengajak orang lain untuk menjadi downline kita. Semakin banyak orang yang menjadi downline kita, maka akan semakin banyak pula pundi-pundi uang yang akan masuk ke rekening kita.

Selain memasarkan dan menjual produk, tugas kita juga mengajari downline kita agar mereka bisa menggenjot penjualan produk sebanyak mungkin. Pekerjaan ini akan sangat mudah dijalankan oleh para mahasiswa. Karena bisa dikerjakan kapanpun dan di manapun asalkan ada jaringan internet. Tanpa jaringan internetpun kita bisa menjalankannya dengan cara face to face pada para target pemasaran.

10. Membuka Bengkel Motor

Bagi yang lulusan SMK, bisa mencoba membuka bengkel motor saat kosong jam kuliah. Membuka bengkel motor merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Karena semakin bertambah hari, pengguna dan pemilik motor semakin bertambah. Selain bengkel motor, kita bisa membuka jasa lain. Yaitu jasa cuci motor.
Cuci motor merupakan pekerjaan yang bisa dikerjakan siapapun. Asalkan bisa mencuci motor hingga bersih. Cuci motor akan sangat diperlukan saat datangnya musim hujan. Jadi, jika ingin menambah penghasilan, kita bisa mencoba untuk membuka jasa cuci motor.

Itulah 10 contoh usaha kerja sampingan yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa ataupun pelajar. Pendidikanmerupakan salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan. Oleh karena itu, jangan hapus mimpimu begitu saja untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- pekerjaan yang tidak mengganggu kuliah - pekerjaan yang cocok sambil kuliah - cara menghasilkan uang tanpa mengganggu kuliah - mencari kerjaan yang tidak ganggu kuliah - pekerjaan sampingan dari sore ? - kerja sampingan pagi untuk anak kuliah - pekerjaan yang bisa dilakukakn anak kuliah pagi - sore - kerja apa yang tidak ganggu kuliah - pekerjaan yang cocok untuk bayar kuliah - pekerjaan untuk anak kuliah kelas pagi