Ide kreatif berbisnis
Ide kreatif berbisnis (Ilustrasi/pixabay)

10 Ide Kreatif Berbisnis

377 views

Tahun baru tentunya harus diikuti dengan ide bisnis baru juga. Jaman terus berubah dan teknologi terus berkembang, sehingga para pebisnis harus sangat terbiasa dengan penggunaan media sosial dan up to date mengenai perkembangan ide bisnis di seluruh dunia. Penggunaan media sosial tersebut banyak yang mempelopori untuk terbentuknya ide baru dalam berbisnis. Anda ingin mengetahui bisnis apa sajakah itu, bisa Anda simak berikut.

1. Sleeping Bag Inkubator Bayi Prematur

Di era ini masih sangat banyak kota yang sulit untuk dijamah teknologi, sehingga fasilitas kesehatan untuk bayi prematur masih sangat kurang. Bagaimana saat ada bayi prematur yang dilahirkan di kota kecil tersebut. Tentunya bayi tersebut akan menjadi sangat riskan mengalami gangguan kesehatan dan kemungkinan besar akan meninggal. Berangkat dari alasan tersebut, maka organisasi asal San Francisco membuat inkubator dengan bentuk seperti sleeping bag. Ide ini dibuat pada awal tahun 2010 dan ini sangat ideal untuk daerah terpencil, karena tidak membutuhkan listrik untuk menghangatkan bayi prematur. Sleeping bag ini dapat diperoleh seharga $25.

Ide kreatif berbisnis
Ide kreatif berbisnis (Ilustrasi/pixabay)

2. Konsultan Iklan di Instagram

Bukan hal yang mengejutkan jika profesi seperti ini mulai muncul dan dimungkinkan akan menjadi tren di tahun 2016 ini. Berbagai skala perusahaan baik besar maupun kecil sudah terbiasa menggunakan instagram sebagai media untuk pemasaran. Berdasarkan survey diperoleh bahwa pengguna sosial media ini telah mencapai sekitar 400 juta pengguna. Masing – masing perusahaan diprediksi terdapat lebih dari 100 pegawainya yang menggunakan Instagram untuk mengiklankan produk perusahaan mereka. Penggunaan Instagram sebagai media iklan diperkirakan akan mencapai 48,8 persen di tahun 2016 ini. Berangkat dari survey tersebut, maka kemunculan profesi konsultan Instagram menjadi sebuah tren baru. Konsultan Instagram memiliki tugas untuk mempopulerkan foto produk suatu perusahaan dan sangat memungkinkan untuk mendatangkan uang.

3. Charger Baterai Energi Kinetik

Perusahaan Tremont Electric of Cleveland berhasil membuat ide baru untuk bisnis mereka di bidang charger baterai. Charger yang satu ini berbeda, karena tidak membutuhkan energi listrik konvensional untuk mengisi baterai. Anda dapat mengisi baterai tanpa harus menancapkan ke saklar. Cukup dengan melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Charger baterai ini memanfaatkan energi kinetik yang ditimbulkan oleh aktivitas Anda sehari – hari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Tentu saja teknologi seperti ini bersifat ramah lingkungan. Charger ini dapat dibanderol dengan harga sekitar $150.

4. Konsultan Kendaraan

Hampir setiap usaha membutuhkan teknologi kendaraan. Jika Anda bisa menawarkan kendaraan yang tepat untuk para pebisnis, sangat mungkin Anda bisa menjadi kaya dengan cara menjadi konsultan kendaraan. Berdasarkan penelitian, jumlah orang yang membeli mobil semakin meningkat. Maka dari itu membuka perusahaan konsultasi kendaraan akan sangat berpotensi di tahun 2016 ini.

5. Salon Keliling

Salon keliling yang dimaksudkan bukan berarti salon yang berkeliling seperti penjual roti keliling, melainkan salon yang dipanggil untuk menuju ke tempat pelanggan berada. Jika Anda turis dan menginginkan untuk dilakukan perawatan di tempat Anda sementara tinggal, tentu saja hal itu dapat terwujud. Bisnis salon kini berkembang dengan memberikan pelayanan kepada konsumen di tempat yang konsumen inginkan. Terkadang saat seseorang sudah sangat sibuk dengan pekerjaan, seringkali tidak memiliki waktu untuk merawat diri. Bisnis seperti ini tentunya akan sangat memanjakan konsumennya, Anda tidak perlu repot – repot lagi keluar rumah untuk bisa mendapat perawatan salon. Bisnis salon seperti ini sepertinya juga bisa menjadi peluang untuk penerapannya di Indonesia.

6. Bisnis Penguji Sistem Bisnis Online

Anda jangan bingung ya saat membaca sub-judul tersebut. Bisnis yang satu ini menyediakan aplikasi untuk mengetes apakah suatu perusahaan akan layak untuk didirikan. Perusahaan ini menggunakan website yang mudah untuk diakses dan memungkinkan kegiatan jual beli dari sistem bisnis baru yang dites. Seringkali keduanya tidak berjalan secara efektif, karena mereka tidak melakukan pengetesan terhadap aplikasi maupun website yang mereka buat. Kondisi seperti ini bisa berakibat fatal jika diteruskan. Prinsip kerja bisnis penguji sistem bisnis online yaitu menawarkan pengujian layanan kepada para klien. Selanjutnya dilihat pada grafik, akankah penjualan terus meningkat saat digunakan website dengan desain atau sistem tersebut.

7. Bisnis Kacamata Canggih

Kacamata ini ditujukan bagi orang yang menyukai musik namun memiliki penglihatan yang tidak baik. Kacamata ini dinamakan TriSpecs dan mengombinasikan antara kacamata keren, handphone stereo, dan headset dengan sistem bluetooth. Kacamata ini didesain sangat modern dan memiliki kaca yang berwarna hitam. Kacamata ini dapat mengontrol telpon maupun musik yang ingin didengarkan dengan menggunakan tombol yang terletak di lengan kacamata. Tentunya harga kacamata ini tergolong tidak murah karena harga dari satu kacamata ini sebesar $200.

8. Berlangganan Layanan Kotak

Layanan pengantaran kotak mulai banyak bermunculan baik di sektor makanan, kecantikan, dan bahkan perawatan hewan. Layanan ini siap untuk mengantarkan kebutuhan Anda setiap bulan tepat sampai ke depan rumah Anda. Anda sudah lagi tidak perlu repot – repot untuk keluar rumah untuk mendapatkan layanan tertentu. Bisnis ini semakin banyak peminatnya, karena kotak yang diantarkan didesain sesuai dengan keinginan para pelanggan, dan selalu ada kejutan pada isi kotaknya setiap sekali dalam sebulan. Prinsip bisnis ini ialah selalu mencari keunikan tersendiri dan buat agar harganya selalu mudah dijangkau konsumen. Harga yang terjangkau akan sangat membantu mengeluarkan perusahaan dari krisis kompetisi antar perusahaan.

9. Bisnis Aplikasi Anak

Di masa depan, konsumen tidak hanya terdiri dari para orang dewasa namun juga anak – anak. Berusaha untuk mendapatkan kepercayaan anak – anak untuk produk Anda merupakan satu ide yang cemerlang. Berdasarkan survey dari Common Sense Media, sepertiga dari anak – anak sudah dapat mengakses berbagai macam handphone maupun tablet. Memang semakin canggih jaman mainan tradisional akan semakin tergantikan dengan mainan elektronik. Anda juga bisa saja menambahkan unsur yang mendidik di dalam aplikasi yang Anda jual, sehingga orang tua akan lebih setuju membelikannya untuk anak mereka. Bisnis ini sangat prospek, karena saat Anda berhasil memenangkan hati anak – anak, berarti Anda memiliki kemungkinan besar untuk memenangkan hati orang tua mereka juga.

10. Truk Makanan

Semakin lama lahan akan semakin penuh baik untuk tempat tinggal maupun untuk pertokoan. Tentunya di kota Anda harus selalu menyediakan lahan kosong untuk peresapan air tanah agar air laut tidak masuk ke dalam tanah. Solusi untuk tidak adanya tempat yaitu dengan menggunakan kendaraan untuk bisnis makanan. Keuntungan lain dari penggunaan truk yaitu harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bata dan semen untuk membuat bangunan. Berdasarkan penelitian, bisnis ini diprediksi dapat meraup keuntungan sampai dengan $2,7 milyar pada tahun 2017. Truk makanan juga akan memberikan suasana yang berbeda, sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- 25 ide kreatif kacamata hitam - ide ide kreatif mengarap lahan kosong
Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta